21 September 2024

Tembilahan – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Indragiri Hilir Drs. H. Tuah Muhammad Syaifullah, MM menghadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) Tahun 2024 yang ke-116 di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Senin (20/5/2024).

Dalam rangkaian upacara Hari Kebangkitan Nasional ini turut dihadiri Unsur Forkopimda dan Pejabat Esellon dilingkungan Pemkab Inhil dengan peserta upacara TNI-Polri, Organisasi Kepemudaan dan Siswa – siswi SMA Kabupaten Indragiri Hilir.

Pada kesempatan ini Pj. Bupati Herman selaku inspektur upacara membacakan sambutan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bahwa Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) adalah peringatan nasional untuk memperingati Pendirian Organisasi Budi Utomo (Boedi Oetomo) pada tanggal 20 Mei 1908. Perayaan Harkitnas 2024 sudah memasuki usia yang ke-116 tahun dengan tema “Bangkit untuk Indonesia Emas”

Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan “berkunjung kembali” kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk kebangsaan kita. Sejarah diperlukan bukan kerena sensasi politiknya, juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata. Tetapi pada percakapan terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan. Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun dapat diikatkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban.

melalui peringatan HARKITNAS Ke-116 ini kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri dan keyakinan . Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita terus berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi Sumber Daya Alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita menjadi modal utama menuju “Indonesia Emas 2045”.

setelah melaksanakan upacara, Pj Bupati Herman menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitas Sosial (ATENSI) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia dengan jumlah total sebesar Rp. 202.599.350 dengan rincian sebagai berikut: Asesment Konprehensif terhadap 100 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Dukungan Aksesibilitas 17 PPKS, Paket Kewirausahaan12 PPKS, dan Pemenuhan Hidup Layak 88 PPKS.

Usai melaksanakan Upacara HARKITNAS dan ATENSI Pj Bupati beserta rombongan melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Yudha Bakti, rangkaian ziarah diawali dengan memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, kemudian meletakkan karangan bunga, dan menaburi bunga diatas makam para pahlawan.

Memaknai momentum ini, Pj Bupati Herman berpesan kepada generasi muda untuk membuka wawasan dalam mengembangkan diri untuk menghadapi tantangan-tantangan melalui teknologi yang terbuka luas.