21 September 2024

Tembilahan – Kepala Bappeda Kab. Inhil Drs. H. TM. Syaifullah, M.M didampingi Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Syofian Intoni, S.Sos menghadiri Pertemuan Advokasi Percepatan Penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat (KKS) Kabupaten Indragiri Hilir, Selasa (11/06/2024).

Pertemuan yang ditaja Tim Percepatan Penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat (KKS) Kabupaten Indragiri Hilir juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab.Inhil, Pj. Ketua TP. PKK, Plh. Sekda Kab. Inhil, Tim Pembina Kabupaten/ Kota Sehat Provinsi Riau dan KKS Kab. Inhil, Kepala OPD serta Camat di lingkungan Pemkab Inhil hingga peserta undangan lainnya.

Pertemuan yang dilaksanakan di Gedung Engku Kelana Tembilahan tersebut dibuka secara langsung oleh Pejabat Bupati Indragiri Hilir H. Herman, SE, MT, yang mana dalam Pertemuan ini sendiri bertujuan untuk mengadvokasi, asistensi dan supervisi pemerintah daerah dalam penyelenggaraan kabupaten sehat Th. 2024 sesuai dengan peraturan bersama Mendagri dan Menteri Kesehatan RI tentang pedoman penyelenggaraan Kabupaten / Kota sehat.

Dalam sambutannya Pejabat Bupati Indragiri Hilir menyampaikan kondisi KKS di Kabupaten Indragiri Hilir saat ini.”Kabupaten Indragiri Hilir saat ini sudah menyelenggarakan KKS sejak tahun 2019 akan tetapi belum terverifikasi dikarenakan belum memenuhi prasyarat minimal 80% Open Defecation Free (ODF), untuk itu kedepannya Kabupaten Indragiri Hilir harus terus berusaha mengejar dan meningkatkan capaian indikator 9 tatanan KKS dengan memenuhi pencapaian yang telah ditetapkan”, Imbuhnya.

Pj Bupati Indragiri Hilir juga berharap agar advokasi yang dilaksanakan ini jangan sekedar menjadi kampanye saja, akan tetapi bagaimana semua pihak untuk dapat bekerjasama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan khususnya dalam penyelenggaraannya KKS di Kabupaten Indragiri Hilir ini, Tutupnya.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan komitmen percepatan desa / kelurahan “Open Defecation Free (ODF) / Stop Buang Air Besar Sembarangan Kab. Inhil, dan dilanjutkan penyampaian materi dari narasumber dan dialog bersama para peserta undangan.