21 September 2024

Jakarta – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Drs. H TM Syaifullah, MM bersama Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Kab. Inhil, Zulfan, SE mendampingi Pj. Bupati Indragiri Hilir, dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Pernyataan Komitmen Replikasi Aplikasi Puja Indah Badan Pengkajian Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri. Senin (26/08/2024)

Aplikasi Puja Indah atau Pusat Jejaring Inovasi Daerah adalah aplikasi yang di kembangkan oleh BSKDN Kemendagri. Yang mana Aplikasi Puja Indah merupakan layanan pemerintahan “Berbagi Pakai” untuk percepatan layanan pemerintahan melalui layanan elektronik dalam satu platform layanan.

Dengan adanya Aplikasi Puja Indah yang dikembangkan oleh BSKDN Kemendagri ini memuat tiga belas layanan pemerintahan yaitu: Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Layanan Sosial, Layanan Pekerjaan Umum, Layanan Trantibumlinmas, Layanan Komoditas, Layanan Aspirasi, Layanan Pariwisata, Layanan Perhubungan, dan Layanan Administrasi Pemerintahan, dan satu layanan tematik yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

Penandatanganan komitmen ini merupakan tindak lanjut permohonan Pemerintah Kabupaten Indragiri untuk melakukan replikasi Aplikasi Puja Indah Pada tahun 2023, dalam penandatanganan ini juga diikuti beberapa Daerah Kabupaten/Kota yang telah Melakukan permohonan pada tahun sebelumnyah pada tahun 2023, diantaranya Kabupaten Pidie , Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan dst.

Adapun tujuan replikasi Aplikasi Puja Indah ini merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Indragiri Melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dalam upaya memberikan kemudahan serta mendukung penerapan Implementasi sistem pemerintahan yang berbasis elektronik. (MCB/Ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *