19 Juli 2024

Tembilahan (22/6/2022) ; Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir yang diwakili Kepala Bappeda Kab. Inhil Drs. H. Tuah Muhammad Syifullah, MM ikuti acara Rakornas Pengembangan Literasi dan Inovasi Berbasis Desa secara Virtual melalui zoom meeting yang bertempat di ruang Video Conference (Vicon) Diskominfo Pers Kompleks Kantor Bupati Jl. Akasia No. 1.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bappeda Kab. Inhil didampingi oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Peningkatan budaya literasi, inovasi dan kreativitas merupakan Kegiatan Prioritas Nasional yang dituangkan dalan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Tentu hal ini sangat diharapkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik dan berdaya saing.

Rakornas ini dilaksanakan untuk melakukan kolaborasi program kegiatan antara pemerintah Desa dan pemerintah Daerah, untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas pada masyarakat terutama di Desa.

Dalam sambutannya, Didik Suhardi S.H., M.Si., Ph.D. selaku Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Mengatakan, di Indonesia masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk meningkatkan budaya membaca, menulis di masyarakat kita.

“Di Indonesia masih banyak tantangan yang harus kita dihadapi untuk meningkatkan budaya membaca, kalau kita melihat dari sisi persentase, buku yang dibaca oleh setiap penduduk di Indonesia itu masih sangat sedikit, jadi disini diperlukan kolaborasi antara pemerintah Desa dan pemerintah daerah. Kalau hanya mengandalkan dana Desa tentu tidak akan mampu untuk mengungkit peningkatan Budaya baca”, ungkap didik

Sementara itu Rakornas di lanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan foto bersama antara Keynote Speaker , kemudian zoom meeting Rakornas Pengembangan Literasi dan Inovasi Berbasis Desa berakhir pada pukul 12.30 WIB. (MCB.Rom)