21 September 2024

Tembilahan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila, Sabtu (01/06/2024).

Berlangsung khidmat, Upacara yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” ini turut dihadiri PJ. Bupati Kab. Inhil yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM H. Muammar Gaddafi bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Inhil, Asisten dan Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Inhil, ASN, Ormas, Mahasiswa, Pelajar serta para peserta Upacara lainnya.

Kapolres Kab. Inhil AKBP Budi Setiawan, S.I.K,. M.I.K selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP), bahwasanya Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dalam amanatnya AKBP Budi Setiawan, S.I.K,. M.I.K menegaskan untuk saling bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. ”Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.”

Lanjutnya selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia, dan kami mengajak seluruh komponen Bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni, Tutupnya”.