19 Juli 2024

Tembilahan, bappeda.inhilkab.go.id – sebanyak 6 (enam) Inovasi Unggulan Kabupaten Indragiri Hilir dipresentasikan Bupati Indragiri Hilir Drs. H. Muhammad Wardan, M.P dihadapan tim penilai Innovative Government Award (IGA) Kementerian Dalam Negeri Republik Tahun 2022 secara Virtual Melalui Zoom Meeting di aula kantor Bappeda Kabupaten Indragiri Hilir, Selasa (23/11/2022).

Turut mendampingi Bunda PAUD Inhil, Hj Zulaikhah Wardah SSos ME dan Kepala Bappeda Kabupaten Indragiri Hilir Drs. H. Tuah Muhammad Syaifullah, MM, Adapun 6 Inovasi yang di Presentasikan oleh Bupati Inhil HM Wardan adalah:

  1. Inovasi Si Tangkas (Sistem Pembangunan Tanggul Mekanik Swakelola).
    Inovasi si tangkas merupakan inovasi pada sektor perkebunan kelapa yang mana tahun lalu kami juga menyampaikan inovasi unggulan yakni bibit kelapa sri gemilang yang.
  2. Inovasi Gratis (Gerakan Paud Terintegrasi). yang melibatkan unsur opd lain serta stakeholder lainnya seperti pemerintah Desa, tim penggerak PKK, bunda paud dan pihak swasta serta perbankan. Inovasi ini menghasilkan kegiatan pembangunan 1 desa 1 paud yang didanai melalui apbd inhil dan dana desa yang bersumber dari apbd inhil serta bantuan dari pihak swasta dan perbankan.
  3. Inovasi GSH (Gerakan Satu Hati) Peduli Stunting
    sejak tahun 2020 pemkab Inhil membentuk gerakan intervensi penanggulangan stunting melalui pelibatan peran kecamatan/desa/kelurahan, dan opd terkait, tim penggerak pkk, perbankan, pihak swasta dan masyarakat. Serta melibatkan badan amil zakat nasional kabupaten untuk bersama-sama peduli dan membantu penurunan serta penanggulangan masalah stunting.
  4. Inovasi Lapor URC Saja Bermenu Si Pentol Kuah (Layanan Online Pengaduan Online Rakyat Unit Reaksi Cepat Satuan Polisi Pamong Praja Bermenu Sistem Informasi Pengaduan Terkini, Online dan Terarah)
    inovasi ini merupakan pengembangan dari inovasi sebelumnya yakni lapor urc saja yang menjadi salah satu inovasi unggulan tahun lalu. Inovasi ini mengusung konsep pelaporan terkait trantibum linmas secara online yang dapat diakses melalui website resmi Satopl PP Kabupaten Indragiri Hilir.
  5. Inovasi terkait penanganan sampah Inovasi juang (Pejuang Untuk Atasi Genangan Air)membentuk pasukan yang bertugas membersihkan saluran air untuk mengatasi genangan air hujan maupun genangan yang disebabkan penyumbatan saluran air atau drainase. Inovasi juang menyediakan layanan pengaduan secara online melalui kontak whatsapp yang di pajang pada beberapa tempat. Dapat juga diakses secara online melalui website resmi dinas putr inhil dan akun media sosial facebook serta tiktok juang.
  6. inovasi timpas (tim patroli sampah)dengan membentuk tim yang melakukan patroli dalam rangka mewujudkan kota yang bebas sampah, serta menerima laporan pengaduan masyarakat terkait tumpukan sampah baik secara langsung maupun online melalui kontak whatsapp admin timpas dan call centre yang dapat diakses melalui website resmi dlhk inhil.


“Inovasi bukanlah tujuan utama, yang terpenting adalah mendekatkan dan membahagiakan masyarakat dengan meningkatkan kinerja pemerintah daerah yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik dan daya saing daerah menuju Kab. Inhil yang semakin maju bermarwah dan bermartabat”, tegas bupati.


Usai presentasi bupati menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kemendagri yang telah melaksanakan IGA dan mendorong Kab. Inhil untuk terus berinovasi, semoga pada tahun ini Kab. Inhil kembali mendapatkan predikat sebagai kabupaten terinovatif seperti tahun yang lalu. (MCB/BANG/ZUL/ROM/).










Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *