14 Mei 2024

Tembilahan bappeda.inhilkab.go.id – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan berbasis elektronik, Kepala Bappeda kabupten Indragiri Hilir Drs. H. Muhammad Syaifullah, MM diwakili Kepala Bidang (Kabid) Infraturktur dan Lingkungan Hidup Roni Fahamsyah, S.T ikuti Rapat Percepatan Penyusunan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), bertempat di Aula kantor bupati lantai 5 pada Selasa, (29/11/22).


Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang biasa disebut dengan e-government merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat, dan pihak-pihak lainnya.

SPBE juga merupakan salah satu upaya pemangkasan biaya dan waktu, serta meminimalisir terjadinya praktik korupsi dalam pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah. Penerapan SPBE ditujukan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien dan efektif serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Sekda Kab. Inhil selaku Koordinator SPBE Inhil yang di wakilkan Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi setda Kab. Inhil, H. Mukhtar T, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Opd terkait, cahyono tri birowo, st, mti, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan koordinasi Penerapan SPBE Kemenpen-RB (Via Zoom), serta DR. H. Abdullah, Dekan fakultas teknik informatika unisi tembilahan.

Sekda Kab. Inhil H. Afrizal melalui Asisten 2 dalam sambutan nya menyampaikan,” saya Sekdakab Inhil sekaligus Koordinator SPBE merasa sangat penting dilaksanakannya pertemuan ini, dalam rangka menindaklanjuti surat keputusan Menteri Pan-RB no. 255 tahun 2022, serta surat edaran nomor.18 tahun 2022 tentang keterpaduan layanan digital nasional melalui penerapan arsitektur SPBE,”

“SekdaKab Inhil juga menekankan perangkat daerah dalam beberapa hari ini segera menyelesaikan dan menyerahkan alur/proses bisnis layanan masing-masing perangkat daerah dan diserahkan kepada sekretariat pengelola SPBE di Diskominfo PS Kabupaten Indragiri Hilir.

“Semoga melalui pertemuan ini, arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, integrasi proses bisnis, aplikasi maupun infrastruktur SPBE dapat segera diwujudkan.” Tutup Sekda (MCB/PRO/ROM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *