19 Juli 2024

Tembilahan bappeda.inhilkab.go.id – Sebagai pelaksanaan amanat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kemarin. Kegiatan itu dalam rangka menyusun Rancangan Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2024.

Kegiatan musrenbang RKPD tahun 2024 ini berlangsung di Aula Kantor bappeda Inhil Jl. Akasia Tembilahan dan dibuka secara resmi oleh Bupati Inhil H.M. Wardan pada Selasa, (21/3/2023) siang.

Turut hadir dalam pelaksanaan Musrenbang Unsur Pimpinan Forkopimda, Bappedalitbang Provinsi Riau, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Anggota DPRD Provinsi Riau, Anggota DPRD Inhil, Staf Ahli Bupati, Instansi Vertikal, Bappeda Tanjung Jabung Barat, Kepala OPD di lingkungan Setda Kab. Inhil, Camat se-Kab. Inhil, Lurah Wilayah Tembilahan dan Tembilahan Hulu, Ketua MUI serta tamu undangan yang hadir.

Sesuai dengan tema Musrenbang RKPD Tahun 2024, “Peningkatan daya saing SDM berbasis implementasi kesejahteraan masyarakat”, memfokuskan pada bidang pembangunan SDM untuk mendorong kesejahteraan masyarakat melalui program-program unggulan.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2024 ini adalah untuk membahas dan menyepakati usulan dari seluruh pemangku kepentingan sebagaimana dalam rancangan RKPD, sehingga dihasilkan kegiatan prioritas pemkab Inhil untuk tahun 2024 dengan mempertimbangkan proyeksi kemampuan anggaran kabupaten Indragiri Hilir untuk tahun 2024.

“Usulan desa dan kelurahan semuanya yang telah terverifikasi sebanyak 9.984 usulan dengan pagu indikatif sebesar lebih kurang Rp 20.867.000.000.000. Usulan tersebut telah di verifikasi oleh kecamatan dan selanjutnya telah terhimpun di dalam dokumen RKPD tahun 2024 ini.” ujar Kepada Bappeda Inhil saat membacakan laporan pelaksanaan (H.Tuah. Muhammad Syaifullah, MM).

Bupati Inhil HM. Wardan dalam arahannya saat membuka Musrenbang RKPD Inhil Tahun 2024 mengatakan, bahwa pemkab Inhil saat ini fokus pada peningkatan layanan akses pendidikan berbasis IT dan pemerataan kualitas layanan kesehatan.

“Jadi saya berharap betul baik pendidikan maupun kesehatan ini menjadi program prioritas, memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat termasuk didalamnya bagaimana kita bisa mengatasi masalah stunting” tegas Bupati.

Beliau juga mengharapkan agar kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2024 ini mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektikf, partisipatif dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya dokumen perencanaan yang semakin berkualitas.ucap Bupati

Kemudian Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan berita acara hasil Musrenbang RKPD Kab. Inhil Tahun 2024. (Rom/MCM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *