19 Juli 2024

Tembilahan http://bappeda.inhilkab.go.id – Sebagai salah satu 50 Kabupaten/Kota Se-Indonesia yang difasilitasi lansung oleh Kementrian Kominfo RI dalam penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City), Wakil Bupati Inhil H.Syamsuddin Uti membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Masterplan di Aula Bappeda, Selasa (4/7/2023).

Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) yang disejalankan dengan Quick win program Unggulan Tahap I yang turut dihadiri, Pimpinan OPD, Camat dan lurah se-Kabupaten Indragiri Hilir yang juga hadir secara Virtual.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini menghadirkan 2 orang Narasumber dari Universitas Gajah Mada dan 1 orang dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI.

Wabup H.Syamsuddin Uti dalam arahannya saat membuka Bimtek mengatakan, Pembangunan berbasis smart city pada pemerintahan daerah merupakan sebuah strategi yang komprehensif, inklusif, efektif dan efisien.

“Terobosan baru dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif harus kita lakukan untuk mengatasi permasalahan yang semakin berkembang dan kompleks,” kata H.Syamsudin Uti.

Konsep pembangunan smart city sendiri merupakan pembangunan yang berkelanjutan dan memiliki daya saing serta selalu meluncurkan inovasi agar masyarakat lebih aman, nyaman, mudah, sehat dan makmur.

“ Untuk itu harus didukung oleh kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi sehingga dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan efisiensi,” ucapnya

“Agar program smart city sesuai dengan yang diharapkan, perlu peningkatan keterampilan dan profesionalitas pegawai yang ditugasi dalam menangani smart city khususnya di lingkungan pemerintah daerah kabupaten indragiri hilir,” tambahnya

Smart city tidak hanya selalu soal penggunaan teknologi atau pembangunan fisik semata, yang lebih penting adalah bagaimana dapat membangun pola pikir, sikap dan karakter masyarakat yang lebih baik.

“Kehadiran konsep smart city sangat tepat untuk membantu mewujudkan tujuan  kabupaten indragiri hilir sebagai mana yang tertuang dalam visi dan misi kabupaten Indragiri Hilir dalam Penggunaan teknologi informasi di berbagai aspek,” ujar Wabup Inhil yang akrab di sapa abah SU

Terakhir Wabup H.Syamsuddin Uti berharap dengan penerapan konsep smart city di kabupaten indragiri hilir dapat meningkatkan pelayanan masyarakat menjadi lebih baik, lebih transparan, akuntabel dan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas di berbagai kegiatan dan layanan. (MCI/MCB/Rom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *